Pages

Friday, May 11, 2012

This is my home... AMBALAN GANESHA 01.701/01.702






Salam Pramuka!!

Mau cerita darimana yaah... terlalu banyak cerita dan kisah terukir saat di sana.. Yhaa.. di Ambalan Ganesha.. semua hal yang takkan
terlupa...

Gini aja dech...
Pramuka di SMAN 1 Purbalingga termasuk ekskul tertua dan salah satu ekskul terbesar di SMA'ku. Pertama kali masuk SMANSA lngsung MOS dan tetek bengek laen.. trus di akhir minggu pertama MOS kemah dech.. tapi aq gk ngalamin ntuh.. nama'a PTAG esensinya pelantikan Penggalang jadai Penegak.. "jere kakang kelas sie isine gentakan toq.. mbuh asline kaya ngapa"..
PTAG lewat dech… Cuman 4 tahun terakhir namanya jadi FATAR n kegiatannya lebih rame, coz ada jelajah di situ...anak2 baru disuruh jalan2 disekitar SmanSa dengan brbagai kegiatan di dalamnya.. dari ujian pos sampe praktek PBB...
Terus abis ntuh ade Sertijab dimana kepengurusan lama diambilalih oleh kepengurusan baru.. (tapi bukan kudeta) Pramuka Ambalan Ganesha merupakan excul bergengsi lho. Yang jadi pengurus ekskul Pramuka, "katanya" punya kebanggaan sendiri. Soalnya, di Pramuka terkenal dengan adanya Dewan Ambalan, 30 anak jadi pengurus (tahun saya) anak2 DA sie dulunya didapet dari seleksi DA pas LDK (sekarang namanya LC, gtw tahun ini) abis ntuh ada LDK lanjutan wat calon DA,. tapi gak tau sistem sekarang yang katanya udah berkembang sesuai peraturan yang berlaku.. Feelnya sie DA ntuh eksklusif,, tapi terkadang jadi bikin perorangannya rada tinggi hati... moga ae jngan ampe kelewatan...
Biasanya kegiatan pertama anak DA yg baru yha Pepeli (tahun ku dlu masi klas X), sekarang jadi IRC. Di Pepeli, para anggota Pramuka kelas X / Peleton Inti (Tonti) digembleng biar loyal dan lebih disiplin. Gemblengannya yhaa khas Pramuka gitu dech. Paling sakral ntuh ada upacara Pembaretan, seluruh tonti dapet baret/topi.
Pepeli selesai,.. (Maap gk ade rekam jejak dokumentasi Pepeli...)

Setelah latihan rutin beberapa kali, trus tibalah liburan semester 1. Nah, Pramuka punya acara sendiri di liburan ini, namanya Gladi Tangguh (GT).
=>  (Replling sejauh 15 meter dg ketinggian lbh dr 1,5 meter...)


 Para tonti diberi materi beberapa teknik survival, dari cara survival, bikin tenda darurat, navigasi darat,ampe cari makan-minum darurat. Trus juga ada pelatihan rolling dan beberapa pos bermateri khas Pramuka (Agama, PBB, Kepramukaan, Patriotisme, dan Pembersihan).

Meskipuuun banyaak sekali "bonus"(red : push up) but kegiatannya sunggh tak bikin kapok n lupa.. pengin ikut GT lagi (yang ke 4 kalinya, tapi EMOH jadi peserta haha...)






(Gladi Tangguh 2012) <=


Akhirnya sampailah di acara gedhe kebanggaan Pramuka, yaitu Kemah Tahunan (KT) . Dulunya sie cuman ada Pramuka di KT, tapi akhir2 ini udah jadi milik bersama warga excul laen.
Kegiatan OSIS ini dimanfaatkan Pramuka untuk pelantikan tonti jadi Bantara. Berbagai kegiatan (3 hari 2 malam) dijejalkan demi mendapatkan Bantara yang berkualitas. Ada malam keakraban, pertanggungjawaban pengisian SKU, trus ada acara dr OSIS, ampe maen air sama Om-Om dari Tim SAR Purbalingga. Trus diakhiri upacara pelantikan.




(Kemah Tahunan 2012) <=

Gebyar Bakti (GB), jadi kegiatan awal yang dihandle Bantara kelas X. Disini, para anggota kelas X berlatih menjadi sangga kerja dalam suatu kegiatan.
 GB ntuh ada pembersihan Sanggar Ambalan Ganesha, lalu pembersihan seluruh area Smansa, dan acara puncaknya, yaitu bakti sosial di daerah di Purbalingga yang membutuhkan.






                                   (Gebyar Bhakti 2009/2010)



Belum selese sampe disitu, kita masih menghadapi LC (Leadership Camp) yang dulu namanya DianPin-Ga yang lebih difokuskan ke persiapan para Bantara kelas XI (yang dulunya kelas X) jadi pengganti Bantara / Laksana kelas XII.
Kegiatannya ada Kepemimpinan, forum, penelusuran minat jabatan DA, pemberian materi tentang kepramukaan (tapi lebih intensif) dan diakhiri dengan pemberian tali komando dan badge Ambalan yang biru2 ntuh dech...
Sampe sesi terakhir pemilihan Pradana n Wapra (ditahunku...) . Trus mulailah kepengurusan yang baru deh..



(Leadership Camp 2009/2010)
 
Semoga cerita indah ini akan terus tercipta di Ambalan Ganesha,, tak peduli kencangnya badai menghantam, besarnya tembok penghalang,,. Ambalan Ganesha harus dan akan tetap jaya...!!
GANESHA...... JOZZ!!!!!

TUHAN BESERTA KITA.....



                                               by :

Wiji Sutanto
Ganesha_Numero Uno 2009/2010

4 comments:

  1. Scout Greeting !

    I like this.
    Teruskan tulisan lain y dek, trutama brkaitan dg Acara2 Ambalan Ganesha saat ini.

    Optimalkan sarana media yg ada saat ini u/ kmajuan ambalan ganesha.

    kunjungi juga blog sy(berbagi ilmu & informasi), http://aersmile159.wordpress.com/


    Anjar Riyadi _ ex.Tekpram 1 pa
    (05/06)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaap kak...
      klo sempet dipersilakan maen...
      Salam kenal saya Wiji Sutanto_ex.Pradana (09/10)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. kak, minta izin download logo ganesha.

    ReplyDelete